News

Praktik Corporate Social Responsibility Airbnb, Bentuk Langkah Nyata Perusahaan untuk Memberikan Dampak Positif Selama Pandemi

Pernyataan awal Brian Chesky, direktur dan pendiri Airbnb, terkait masa depan Airbnb

Industri pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terpukul oleh kehadiran pandemi, khususnya industri perjalanan dan perhotelan global. Imbas pandemi Covid-19 mengakibatkan Airbnb—salah satu startup terproduktif di dunia—mendapat tantangan terbesar sepanjang eksistensinya. Model usaha house sharing seperti Airbnb dianggap sebagai model usaha yang cukup persisten, tetapi di sisi lain menjadikannya sebagai opsi akomodasi yang berisiko selama pandemi. 

Alhasil, Airbnb, memutuskan untuk melakukan tindakan nyata dalam tanggung jawab sosialnya. Sepanjang pandemi COVID-19, Airbnb telah melancarkan strateginya untuk menjaga kontinuitas para stakeholders sekaligus berkomitmen untuk berperan secara etis, beroperasi secara legal, dan berpartisipasi dalam peningkatan kesejahteraan komunitas luas. Berikut dijelaskan kontribusi CSR yang dapat Anda pelajari dari Airbnb selama pandemi ini berlangsung:

Online Experience

Airbnb menyediakan platform “Online Experiences” yang mengajak pengguna berpartisipasi dalam berbagai kegiatan unik dan interaktif secara virtual selama pandemi Covid-19. Beberapa contoh Online Experiences tersedia: meditasi bersama seorang biksu, memasak hidangan khas, belajar seni dan kerajinan, kelas menari, berlatih yoga, atau mengikuti tur virtual di tujuan wisata yang menarik. Ini membantu para penduduk setempat yang kehilangan pekerjaan untuk memperoleh penghasilan selama pandemi.

Berkolaborasi dengan Komunitas Lokal

Mereka mendorong komunitas lokal untuk mempromosikan produk dan jasa kepada para tamu dan memperkenalkan mereka ke budaya setempat sebagai bentuk dukungan kepada ekonomi domestik. Salah satu dukungan Airbnb di masa pandemi adalah menggelar workshop daring komunitas lokal dan microsite khusus untuk Bali, untuk memajukan keterampilan digital UMKM lokal dan menyoroti berbagai destinasi prioritas pemerintah di Indonesia. Selain itu, Airbnb juga menggaet World Wildlife Fund Meksiko dan Federasi Asosiasi Turis Meksiko (FEMATUR) sebagai mitra untuk mendeklarasikan kembali pariwisata lokal dan mempromosikan perjalanan yang aman dan nyaman, melalui Mexico by Land, yaitu keanekaragaman tur rute wisata di Meksiko.

Program “Open Homes”

Airbnb menggunakan PR untuk menyuarakan bentuk dukungan mereka terhadap stakeholders dan langkah signifikan mereka selama pandemi. Salah satunya adalah program “Open Homes” yang mengakomodasi tempat tinggal untuk mereka yang memerlukan, dengan tiga kategori, yaitu orang yang terkena bencana, para pasien yang membutuhkan perawatan dan para tenaga kesehatan yang membutuhkan istirahat, serta para pengungsi yang pindah ke daerah baru. Tercatat, program ini  memberi dukungan untuk 100.000 pengungsi yang melarikan diri dari Ukraina. Selain itu, Airbnb juga mengumumkan komitmennya untuk menawarkan tempat tinggal sementara gratis bagi 20.000 pengungsi Afghanistan, serta menyediakan akomodasi bagi lebih dari 160 pendatang Afghanistan di Kanada, yang berlokasi di Winnipeg, Saskatoon dan Lethbridge. Mereka juga menjalin kemitraan dengan organisasi non-profit dan badan amal yang berfokus pada berbagai bantuan kemanusiaan.

Airbnb juga memanfaatkan taktik media sosial untuk berinteraksi dan menghadirkan opini publik akan kegiatan CSR yang sudah mereka lakukan. Hal ini dilakukan melalui pembagian artikel, konten blog, dan dokumentasi kegiatan melalui website mereka. Mereka mengajak pelanggan untuk berbagi kisah inspiratif mereka selama pandemi dengan tagar #Airbnb di Instagram dengan tujuan menggugah publik. Mereka juga menggunakan platform media sosial untuk mengajak audience mereka untuk berdonasi yang disalurkan menjadi tempat menginap bagi orang-orang yang mengalami krisis. PR berperan merespons kritik atau pengaduan yang mungkin timbul selama pandemi. Mereka mendengarkan pendapat masyarakat, memberi anjuran terkait kebijakan, dan mengelola komunikasi dua arah.

Melalui praktik CSR ini, Airbnb berusaha memperlihatkan dukungan mereka kepada stakeholders-nya yang terdampak oleh pandemi Covid-19 melalui berbagai cara. Hal ini dilakukan dengan beradaptasi dan melihat peluang dalam situasi sulit, optimis berinovasi, dan berkolaborasi dengan komunitas terkait. Airbnb bertekad untuk berperan sebagai solusi dan berkontribusi untuk kemajuan dalam situasi sulit ini.

Penulis:
Dinda Rizky Alifya