News

Personal Branding Di Media Sosial, Gimana Caranya?

Jakarta, 26 Maret 2021 – PERHUMAS Live episode ke-6 mengundang Rizka Septiana selaku Wakil Ketua Bidang Pengembangan Badan Pengurus Cabang (BPC) PERHUMAS Indonesia untuk berdiskusi tentang bagaimana cara membangun personal branding melalui media sosial (25/3).

Pada diskusi ini, Rizka menjelaskan bahwa baginya personal branding sendiri merupakan proses mengembangkan dan mempertahankan reputasi dan kesan individu terhadap kita. Menurutnya personal branding merupakan hal yang penting.

“Personal branding sangat penting dan tanpa sadar kita juga sudah melakukannya karena dari hal kecil saja kita berbeda, we have our uniqness, dan itu menjadi pembeda kita. Dalam dunia perjalanan di dunia kehumasan, pekerjaan, ataupun sekolah itu sangat penting karena itu bisa meningkatkan kredibilitas kita,” tuturnya.

Dalam diskusi ini, Rizka memberitahukan bagaimana dia membangun personal branding melalui media sosial. Ia sendiri menggunakan media sosial untuk membagikan foto-foto kegiatan apa saja yang sudah ia lakukan dengan caption yang menceritakan apa yang ia rasakan dalam foto tersebut dengan unsur 5W+1H. Ia juga mengajak penonton untuk membangun ikatan antara pembaca/ followers, sehingga pembaca/ followers bisa membayangkan bahwa ia juga berada dalam kegiatan tersebut.

Menurutnya hal terpenting dalam membangun personal branding di media sosial adalah ‘how to maintenance it’. Setelah itu, kita juga harus miliki kreativitas untuk meningkatkan segala sesuatunya, sehingga kita menjadi unik dan berbeda dengan yang lain.

Ketika membahas indikator citra seseorang sudah terbranding baik melalui media sosial, Ia memberitahukan bahwa pada dasarnya media sosial hanya platform yang mendukung kita. “Social media is just supporting us, but the real thing is us,” ungkapnya.

Membangun personal branding di media sosial menjadi efektif apabila penggunanya menggunakan media sosial tersebut dengan bijak dan kreatif.