News

Telisik Marketing 4.0: Apa yang Harus PR Ketahui?

Jakarta, 14 Mei 2020 – Berubahnya kegiatan belajar mengajar dari tatap muka menjadi dalam jaring selama pandemi juga dirasakan oleh para anggota PERHUMAS Muda. Melihat keadaan tersebut PERHUMAS Muda Jakarta Raya tetap bersemangat untuk memperluas wawasan kehumasannya.

Dengan suasana ibadah puasa, PERHUMAS Muda Jakarta Raya mengadakan Webinar dengan tajuk Ngabuburit PERHUMAS Jakarta Raya kolaborasi bersama Nutrifood. Membahas “the New Wave of Marketing 4.0”, hadir sebagai narasumber, Suryana Litana, Customer Development Manager PT Nutrifood Indonesia.

Memasuki era Marketing 4.0, konsumen saat ini tidak hanya menginginkan produk yang menambahkan nilai terhadap produknya. Era saat ini, marketing memasuki era yang memadukan interaksi dengan digitalisasi. Didukung revolusi industri 4.0 membawa pendekatan terbaru pemasaran yang mengacu pada pola baru perilaku konsumen di era digital, yaitu perubahan pada alur pelanggan dari individu ke sosial menjadi dari mengetahui (Aware), tertarik (Appeal), bertanya (Ask), bertindak (Act), dan menganjurkan (Advocate).

Gambaran alur pelanggan tersebut menjadi menarik bagi PR. Pada era saat ini memasarkan suatu produk tidak hanya sekadar membangun brand awareness, namun juga membangun customer universe. Seiring interaksi yang meningkat, percakapan mengenai suatu merek juga semakin intens di masyarakat.

Ditengah padatnya informasi yang dikonsumsi, mendapatkan atensi dari masyarakat merupakan tantangan besar. PR harus mendefinisikan kembali identitas mereknya, membangun kembali bagaimana dan apa yang disampaikan suatu merek saat diletakan pada sebuah produk. (FA)