News

BPC PERHUMAS Medan MoU dengan 10 Perguruan Tinggi

Medan, (harian.analisadaily.com). Badan Pengurus Cabang Perhim­pun­an Hubungan Masyarakat (BPC Per­h­umas) Medan menandatangani “Me­morandum of Understanding” (MoU) dengan 10 perguruan tinggi pada Program Studi (Prodi) Ilmu Ko­mu­nikasi di Sumatera Utara, di Ge­dung Serba Guna Fisip USU, Senin (17/9).

Penandatanganan MoU pada Seminar Nasional Komunikasi Bisnis dalam Per­kembangan Good Corporate Gover­nance  yang dibuka Wakil Rek­tor III USU Drs Mahyuddin, MIT, PhD dengan keynote speaker Men­kom­info diwakili Staf Ahli Bidang Ko­munikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi dan dihadiri Dekan Fisip USU Dr Muryanto Amin, MSi, Ketua Panitia Prof Dr Marlon Sihombing, MA dan Sekretaris Dewi Kurniawati, Msi, PhD, serta para undangan. Kegiat­an ini dirangkaikan dengan pelantikan Aso­siasi Perguruan Tinggi Ilmu Ko­mu­nikasi (Aspikom) Korwil Sumut.

Ketua BPC Perhumas Medan Saur­ma MGP Siahaan M.IKom, MIPR meng­ungkapkan MoU ini sebagai per­janjian kerja sama awal antara Per­hu­mas Medan dengan 10 kampus dengan pro­di komunikasi di Medan, Sumut.

“Mulai dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Islam Su­matera Utara (UISU), Universitas Sari Mutiara Indonesia (USMI), Sekolah Ting­gi Ilmu Komunikasi Pem­ba­ngu­nan Medan (STIK-P), Universitas Pemb­angunan Panca Budi (Unpab), Uni­versitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU), Universitas Dhar­ma­wangsa, Universitas Medan Area (UMA), dan Universitas Muham­madiyah Sumatera Utara (UMSU) ser­ta Universitas Darma Agung (UDA).

“Kita akan melaksanakan pe­latihan-pelatihan yang akan meli­bat­kan para mahasiswa komunikasi di se­luruh per­guruan tinggi yang selan­jut­nya akan di­arahkan untuk mend­a­pat­kan ser­tifikasi kompetensi teknis. PER­HU­MAS Medan telah menjadi pe­­nyeleng­gara yang sah Tempat Uji Kompetensi (TUK), Lembaga Sertifi­kasi Profesi Public Reletions Indonesia (LSP-PRI) di Medan,” papar Saur­ma sambil me­nga­takan hal ini me­nyikapi pentingnya pen­damping ijazah bagi mahasiswa prodi komunikasi yang akan menyele­sai­kan pendidikan­nya.

Mewakili Ketua Umum Badan Pe­ngurus Pusat (BPP) PERHUMAS In­do­nesia, Dian Agustine Nuriman me­maparkan manfaat Implementasi Good Corporate Governance. Hadir se­b­agai narasumber seminar pada hari per­tama untuk kegiatan dua hari ter­sebut, Panelis I Dr Kusdi Raharjo, DEA (Ketua Umum AIABI), Panelis II Dian Agustine Nuriman, MIPR, Pa­nelis III Iwan Iwut Tritoasmoro ST MT (General Manager Business Innovation    Telkom University), Panelis IV Prahastiwi Ph D (Universitas Se­be­las Maret), Panelis V Yulianto Maris (Direktur Kepatuhan Bank Sumut).

Ketua Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Sumut Dewi Kurniawati PhD mengatakan As­pikom berperan sebagai organisasi yang menyokong prodi komunikasi untuk memperoleh akreditas A. “As­pi­kom akan menyelenggarakan seminar internasional yang akan diseleng­ga­rakan pada awal 2019,” ujarnya di­dampingi pengurus M Said Harahap.

Disebutkan, Aspikom memiliki 25 ang­gota pengurus yang terdiri dari sem­bilan perguruan tinggi yang ada di Su­mut. “Tujuan Aspikom ini untuk me­naikkan akreditasi prodi dan lu­lu­sannya semakin berkibar. Dengan de­mi­kian, stakeholder akan puas dengan apa yang diberikan dari materi-materi ko­munikasi pada saat perkuliahan,” im­buhnya.