News

Pelatihan Humas Internal oleh Ketua Bidang Pengembangan PERHUMAS Muda

 

Sabtu, 4 Agustus 2018, Ketua Bidang Pengembangan PERHUMAS Muda, Mas Rizky C Saragih menjadi pembicara dalam acara “Pelatihan Humas Internal” (Membangun & Menjalin Hubungan dengan Pihak Eksternal dan Content Writing) yang di usung oleh Komunitas Turuntangan Jakarta, untuk para Internal Komunitas.

Acara ini ditujukan sebagai pelatihan dan Pengembangan para Internal Komunitas Turuntangan Jakarta dalam lebih mengenal profesi kehumasan. Para peserta yang merupakan para pengurus komunitas Turun Tangan Jakarta memiliki latar belakang yang bervariasi. Beberapa hal mendasar dalam praktik komunikasi eksternal menjadi beberapa poin paparan, yaitu:

1. Siapa Target Komunitas?
Masyarakat, Media & Blog dan Pemerintah. Tentunya sebuah komunitas tidak bisa terlepas dari masyarakat, anggota komunitas, sasaran tembak dari komunitas pastilah tentunya masyarakat.
2. Saluran
Media sosial, situs web dan kegiatan. bentuk kegiatan, visi misi, interaksi sebuah komunitas wajib hukumnya dituangkan di media sosial, yang pastinya hal tersebut juga bisa memperlebar komunitas untuk menjalin hubungan eksternal, membuktikan calon relasi bahwa kita dan kegiatan kita ada


3. Tugas Humas

Peran humas dalam sebuah komunitas sebenarnya tidak jauh berbeda dengan sebuah perusahaan. Humas komunitas harus jauh lebih tahu informasi terkait dunia konsentrasi komunitas tersebut, relasi media, relasi non-media, media sosial, krisis dan juga strategi. Pada dasarnya adalah menciptakan blue print komunikasi dan kontinuitas hubungan eksternal sampai dengan mengeksekusi.

Pada akhirnya, seluruh anggota komunitas adalah humas bagi komunitasnya sendiri. Sebagai insan bangsa yang turut ingin membangun kemajuan negeri ini lewat karya, inspirasi serta aksi melalui wadah komunitas selayaknya harus bisa menjaga reputasi komunitas itu sendiri dan membesarkannya.

Seberapa canggih teknologi yang ada dengan artificial intelligence menakjubkan di dalamnya, duduk bersama di satu meja dengan secangkir kopi dan obrolan hangat akan jauh lebih efektif untuk menjalin sebuah komunikasi.