News

Kiat Menangani Krisis Di Media Sosial

JAKARTA , 6 September 2019 – Untuk mendorong edukasi dalam penggunaan media sosial, PERHUMAS bersama anggota berkunjung ke kantor pusat Direktorat Jenderal Pajak bertempat di Gedung Mar’ie Muhammad kantor pusat Direktorat Jendral Pajak.

Dalam audiensi ini Humas Direktorat Jenderal Pajak berbagi pengalaman dalam praktik berkomunikasi melalui media sosial, dan pada kesempatan kali ini audiensi juga dihadiri oleh Dr. Firsan Nova, Managing Director NEXUS RMSC, memberikan edukasi terkait kiat-kiat melindungi reputasi institusi di media sosial.

Berikut apa yang disampaikan Dr.Frisan Nova mengenai bagaimana tips penanganan media sosial:

Deteksi
Pastikan Anda mendengarkan semua obrolan di seluruh saluran tentang perusahaan Anda. Jika Anda melihat sesuatu dengan sentimen negatif dan keluhan yang sah, bertindaklah sebelum menjadi viral.

Identifikasi
Cari tahu siapa yang terlibat dalam masalah ini, apa yang terjadi, mengapa itu terjadi, dan bagaimana Anda bisa menyelesaikannya.

Pertimbangkan
Apakah nada bicara Anda sejalan dengan perusahaan Anda dan keseriusan masalah ini? Atasi krisis secara tepat waktu tetapi bijaksana. Pastikan respons Anda transparan, baik dalam permintaan maaf Anda maupun dalam langkah Anda untuk mengatasinya.

Juga disampaikannya dalam hal penanganan ini sebaiknya sebagai praktisi PR kita tidak meninggalkan prinsip-prinsip dalam penanganan krisis. “Komunikasi Krisis adalah seni, bukan science“, ujar Firsan.

Hal ini menjadi penting karena sejatinya menjaga kredibilitas, image, reputasi dan kepercayaan menjadi esensi bagi seorang praktisi PR. (FA)