slide warta

Memadu Janji, Sesudah Empat Puluh Tahun

Dua organisasi profesi Humas Indonesia – PERHUMAS dan BAKOHUMAS – menjalin kerjasama  untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi praktisi Humas.  Kesepakatan kerjasama, dilangsungkan melalui suatu penandatangan kerjasama yang dilakukan Ketua Umum  kedua organisasi itu: Prita Kemal Gani, MBA.,MCIPR.,APR, Ketua Umum PERHUMAS, dengan Drs.Freddy  H.Tulung MUA selaku Ketua Umum BAKOHUMAS. Penandatangan kerjasama ini akan dilangsungkan di Lombok, NTB pada 27 Agustus 2013.

Tujuan kerjasama kedua organisasi yakni, mendukung peningkatan kompetensi Humas Indonesia. Selanjutnya, dikemukakan pula ruang lingkup kerjasama yakni, untuk mempercepat proses pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Humas Indonesia. Berkaitan itu pula, guna mendukung peningkatan kompetensi Humas, nantinya, akan dibentuk Kelompok Kerja (POKJA) yang tugasnya antara lain, membantu proses penyelesaian pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi Humas Indonesia. Selain itu, POKJA akan menyusun modul dan menyediakan tenaga atau nara sumber, sarana dan prasarana, peserta, asesor serta jadwal kegiatan bimbingan teknis bidang humas yang disepakati para pihak. POKJA diberi mandat menyosialisasikan Program Kegiatan Peningkatan Kualitas SDM dan Humas Pemerintah serta LSP kepada seluruh BAKOHUMAS, BAKOHUMASDA dan PERHUMAS di seluruh Indonesia.

Acara penandatanganan kerjasama itu akan dirangkaikan pula dengan peluncuran buku Standar Kompetensi Menuju Humas Profesional. Buku yang disusun Dr.Felix Jebarus,IAPR, Ketua Bidang Komunikasi PERHUMAS, bersama Muslim Basya, SE.,MBA itu mendeskripsikan secara rinci tiga kategori kompetensi yang mutlak dimiliki para praktisi Humas yakni Kompetensi Umum, Kompetensi Inti dan Kompetensi Khusus. Buku setebal 358 halaman ini menjadi bacaan yang sangat penting dan perlu, bagi para praktisi Humas di Indonesia.

Tanggal 27 Agustus 2013 merupakan peristiwa bersejarah. Setelah menginjak usia lebih dari 40 tahun dua organisasi profesi Humas ini –  BAKOHUMAS dan PERHUMAS – memadu janji, meningkatkan kompetensi Humas Indonesia melalui kegiatan sertifikasi profesi.