News

Perhumas Dorong Akreditasi Profesi Humas

Artikel dari Koran Jakarta (11/12/17)

http://www.koran-jakarta.com/perhumas-dorong-akreditasi-profesi-humas/

BANDUNG – Pekerjaan humas atau public relation menjadi profesi yang penting dalam perusahaan dan pemerintahan sehingga wajib memiliki kualitas yang terakreditasi dan bersertifikat khusus.

Ketua Umum BPP Perhumas Pusat, Agung Laksamana, mengatakan untuk akreditasi profesi humas, Perhumas sudah memulainya sejak dua tahun lalu, sementara untuk sertifikasi profesi dilakukan oleh lembaga sertifikasi pemerintah yang berkompeten.

“Perhumas sudah menginisiasi pemberian akreditasi profesi humas kepada anggota. Saat ini, sekitar 200 humas sudah mendapatkannya. Jumlahnya memang masih kecil, jadi masih harus ditingkatkan,” katanya dalam seminar nasional PR Tren 2017 dan PR Outlook 2018, di Bandung, Sabtu (9/12) akhir pekan lalu.

Ia mengatakan total jumlah anggota yang terdaftar di Perhumas saat ini mencapai lebih dari 3000 orang. Sehingga menurutnya, masih dibawah 10 persen yang sudah berakreditasi.

Sementara itu, Ketua Perhumas Bandung, Nurlela, menambahkan masih minimnya humas yang mengajukan akreditasi karena belum adanya kesepahaman atas pentingnya posisi humas bagi upaya membangun citra positif perusahaan. “Selain humasnya kurang berminat, pimpinan perusahaannya juga belum melihat posisi penting humas. Jadi belum menganggap perlu sertifikasi humas ini,” tutur dia. tgh/E-3