News

Menuju Jurnal Terakreditasi Melalui Open Jurnal System

Jakarta, 26 Juni 2019 – PERHUMAS dengan Jurnal Public Relations Indonesia kembali bergabung dalam Workshop APJIKI (Asosiasi Penerbit Jurnal Ilmu Komunikasi Indonesia). Kegiatan kali ini bertempat di UNIKA Atma Jaya, Jakarta. Melalui kegiatan ini, diharapkan para penerbit jurnal dari berbagai akademisi maupun profesional bertema Ilmu Komunikasi dapat mempersiapkan diri dan institusinya untuk dapat terakreditasi.

Menelisik kebelakang, dengan komitmen KEMENRISTEKDIKTI untuk mendorong jurnal-jurnal Indonesia segera terakreditasi dan meningkatkan kualitasnya. Terlebih jika melihat jumlah Jurnal Ilmu Komunikasi, baik dalam negeri maupun internasional, jumlahnya masih sangat sedikit. Hal ini menjadi peluang yang baik bagi para pelaku untuk terus bersemangat meningkatkan kualitas jurnal mereka agar berkualitas.

Sebagai asosiasi yang menaungi para penerbit jurnal APJIKI menyelenggarakan workshop bagaimana mengelola jurnal menggunakan sistem terbuka atau biasa disebut Open Jurnal System.

Dengan menggunakan Open Jurnal System baik secara pengelolaan dan penulis akan lebih teratur. Penulis yang hendak mengirimkan atau mengajukan tulisannya untuk dimuat dalam jurnal akan lebih mudah, hanya tinggal melakukan login dan submit tulisan, maka penulis dapat dengan mudah melakukannya. Sedangkan bagi penerbit, hal ini akan membuka banyak kesempatan bagi para penulis maupun pembaca jurnal.

Namun jurnal yang berkualitas tidak hanya pada tatanan itu saja, pengelola jurnal juga perlu menjaga standarisasi yang telah ditetapkan agar dapat menjaga kualitas jurnal. Hal ini sangat penting apabila jurnal tersebut sudah terakreditasi secara nasional maupun internasional. (FA)