News

Branding Saat Event, Dimana Peran Humas?

Jakarta, 11 Maret 2019 – Setiap kali mendengar kata “Event Branding”, apa yang ada di benak anda? Mungkin anda akan berpikir mengenai siapa saja narasumbernya, bagaimana acara akan berlangsung, dan bagaimana penampilan dari acara tersebut. Event Branding merupakan suatu strategi untuk memperkuat citra dengan merangkai acara semenarik mungkin sesuai dengan visi citra perusahaan. Acara yang dibuat pun harus menarik dan unik sehingga dapat dikenang oleh partisipan maupun publik luas.

Loketalks yang diadakan oleh Loket.com pada kesempatan ini berkolaborasi dengan PERHUMAS Muda membicarakan tentang “Event Branding 2019 Guide” yang membahas bagaimana cara memahami peran Hubungan Masyarakat dalam manajemen acara dengan narasumber Heri Rakhmadi, CEO Bamboedoea, IAPR, Wakil Ketua Umum Perhumas; Arninta Puspitasari, PR & Event Manager Nutrifood; dan Herinta Herman, PR & Employer Branding Manager Loket.com. Event Branding kali ini diadakan di GO-LEARN, GO-JEK HQ pada Rabu, 6 Maret 2019, yang dihadiri oleh 300 peserta dari berbagai macam institusi.

Pada kesempatan ini, Heri Rakhmadi membawakan materi mengenai Mengelola Publisitas Event Management. Dalam materi tersebut, Heri Rakhmadi menjelaskan ada 5 unsur penting dalam mengelola publisitas sebuah event antara lain: Kiat-Kiat Memperoleh Pemberitaan Event, Karakter Jurnalis dan Cara Kerja Media, Aspek Redaksional, Teknis Event/Non Redaksional, dan Rekomendasi.

Materi selanjutnya dibawakan oleh Arninta Puspitasari mengenai Optimize PR Strategy for Event Planning yang menjelaskan tentang Definisi Hubungan Masyarakat, Reputasi Perusahaan atau Merek, Hubungan Stakeholder, Pemasaran Hubungan Masyarakat, dan Pencegahan Masalah dan Krisis.

Materi terakhir yang dibawakan oleh Herinta Herman adalah mengenai How To Maximize The Role of PR in Event Management, yang secara rinci menjelaskan mengenai Apa Itu Event, Bagaimana Menciptakan Humas Acara yang Baik, Apa Yang Harus Dilakukan Seorang Humas Sebuah Acara, dan Yang Dibutuhkan Ketika Menjadi Seorang Pencipta Acara adalah Digital Support. Setelah sesi pemberian materi selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab kepada peserta, pemberian souvenir, dan sesi foto bersama. (Editor: FA)