News

PERHUMAS OneComms Workshop bersama Kalbe Farma

Bogor – 24 November 2018, PERHUMAS sebagai organisasi profesi menjalankan tujuannya sebagai organisasi profesi public relations dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi 30 karyawan Kalbe Group bertempat di Rukun Senior Living Sentul, Bogor. Workshop yang diselenggarakan oleh PERHUMAS bersama dengan Kalbe Group mengangkat tema “Enhancing The New Internal Communications Culture” dilakukan dalam satu setengah hari workshop.

Kesempatan pertama pada Jumat, 23 November, Chaerini mantan penyiar TVRI, Dosen PR serta aktif sebagai pengurus bidang pelatihan dan keanggotaan PERHUMAS mengisi sesi sharing tentang komunikasi ( knowledge, skill & attitude).

Menurut Chaerini “Teman-teman di Kalbe adalah individu-individu yang amat sangat potensial dalam banyak hal. Potensi dan kompetensi mereka itu baik tidak hanya dalam hal yg terkait dengan bidang kerja mereka namun juga dalam hal lain di luar itu.”

Komunikasi internal yang efektif membantu memastikan bahwa semua anggota perusahaan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang pada gilirannya menciptakan strategi yang lebih kohesif. Komunikasi internal juga memberdayakan karyawan untuk membuat keputusan yang tepat sesuai dengan tujuan organisasi.

Pada sesi utama ini dibawakan oleh Dr. Emilia Bassar, Founder CPROCOM serta Praktisi PR yang fokus pada climate change dan juga aktif sebagai Wakil Bid. Pelatihan dan Keanggotaan PERHUMAS dilaksanakan pada Jumat siang lalu dilanjutkan pada keesokan harinya 24 November 2018 dengan tema Strategi Komunikasi Internal.

Sesi komunikasi internal dibawakan oleh Dr.Emilia Bassar dengan sangat interaktif dengan melibatkan seluruh peserta untuk mendapatkan pengalaman bagaimana melaksanakan komunikasi internal serta strategi yang tepat sasaran dalam melakukan komunikasi internal.

Menurut Dr. Emilia Bassar karyawan merupakan aset dan sekaligus investasi perusahaan. Setiap karyawan Kalbe Farma punya peran dan kontribusi bagi perusahaan. Untuk itu, menyusun Internal Communication Strategy merupakan hal yang sama pentingnya dgn membuat strategi komunikasi bagi eksternal. Strategi komunikasi internal harus disusun dengan mengacu pada Visi dan Misi perusahaan, link ke strategi perusahaan, dan dapat mencapai objektif perusahaan.

“Surprise bahwa mayoritas peserta pelatihan Strategi komunikasi internal bukan berlatar belakang komunikasi. Meski demikian, peserta Kalbe Farma tetap antusias dan semangat mengikuti serta mengerjakan tugas dan latihan dengan tekun, kreatif dan kocak…hahaha…yang ini beneran kocak-kocak pesertanya. Sampai muncul ilmu baru “Komunikasi Farmasi”…komunikasi untuk produk kesehatan Indonesia.”

PERHUMAS OneComms Workshop Kalbe Farma tidak berhenti sampai disini untuk workshopnya masih akan ada lagi workshop lanjutannya agar komunikasi internal Kalbe makin lebih baik lagi sehingga tercapai dengan baik visi Kalbe menjadi perusahaan produk kesehatan Indonesia terbaik dengan skala international yang didukung oleh inovasi, merek yang kuat dan management yang prima serta misi Kalbe yaitu meningkatkan kesehatan untuk hidup yang lebih baik.

Selain dibuka oleh Direktur PT Kalbe Farma Tbk Bapak Bernadus Karmin Winata, serangkaian workshop ini juga ditutup oleh Melina Karamoy selaku Head Corporate Communication & Sustainability.