News

Pengembangan Komunikasi Dalam Tata Kelola Perusahaan Yang Baik

Medan – 17 September 2018. Prodi Ilmu Administrasi Bisnis dan Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Sumatra Utara menyelenggarakan Seminar Nasional dengan bahasan Komunikasi Bisnis Dalam Pengembangan Good Corporate Governance. PERHUMAS menghadiri undangan sebagai salah satu pembicara, diwakili oleh Dian Agustine Nuriman, S.Ikom, M.Ikom (BPP PERHUMAS and Founder NAGARU Communications). Turut hadir pula Drs.Gungun Siswadi, Msi (Staff Ahli Menteri Komunikasi Dan Informatika Bidang Komunikasi Dan Media Massa) sebagai Keynote Speaker, dan Dr. Kusdi Raharjo, DEA (Ketua Umum AIABI), Iwan Itut Tritoasmoro, ST, MT (GM Business Inovation Telkom University), Prahastiwi, Ph.D (Universitas Sebelas Maret), Yulianto Maris (Direktur Kepatuhan Bank Sumut), Ivan Iskandar Batubara (Ketua Umum Kadin Sumut) turut hadir sebagai pembicara.

“Saat ini kita menghadapi tantangan Revolusi Industri 4.0 di era digital, perusahaan yang bisa tumbuh berkesinambungan adalah perusahaan yang mampu menghadapi volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan mampu beradaptasi dengan disrupsi yang sedang terjadi dan komunikasi menjadi elemen sangat penting dalam terwujudnya Good Corporate Governance.” Dian Agustine Nuriman, S.Ikom, M.Ikom (BPP PERHUMAS and Founder NAGARU Communications)

Dewasa kini segala aktivitas dapat dipermudah melalui kemajuan teknologi, kemajuan teknologi digital juga merambah kedalam aktivitas perusahaan. Seluruh aktivitas perusahaan harus bisa dikelola secara digital sehingga diharapkan tercipta efisiensi, kemudahan, transparansi dan peningkatan produktivitas. Hal ini perlu dilakukan agar tata kelola perusahaan atau Corporate Governance dapat beradaptasi pada era digital. Demi mencapai tata kelola perusahaan yang baik “Good Corporate Governance”, sebagai praktisi humas harus dapat membangun komunikasi yang baik dalam membangun dan menyampaikan informasi.

Sebagai Humas di era revolusi industri 4.0 kita dituntut untuk lebih dinamis, kreatif dan inovatif serta terlibat secara aktif dalam mensukseskan Good Corporate Governance terutama dalam mengoptimalkan fungsi Humas terkait meningkatkan citra dan reputasi perusahaan yang akan menciptakan Trust dari publik. Dengan membangun komunikasi melalui berbagai channel baik itu website maupun aplikasi mobile. Bagaimana komunikasi terbangun dengan setiap stakeholder menjadi kunci keberhasilan komunikasi dalam tata kelola perusahaan.

Dalam menerapkan Good Corporate Governance terdapat peraturan dan sistem dimana jika dijalankan maka performance perusahaan akan meningkat. Untuk mengimplementasikannya, kita harus memiliki road map yaitu yang pertama, menyiapkan sistem dan prosedur secara komprehensif mulai dari A sampai Z di perusahaan. Kedua, bagaimana diimplementasikan dan dieksekusi. Ketiga, bagaimana caranya agar sistem dan prosedur ini dapat melekat sehingga menjadi budaya perusahaan. Dengan persiapan matang dan terukur dalam membangun komunikasi tata kelola perusahaan, humas akan lebih mudah dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi.

Seminar Nasional yang diselenggarakan di Hotel Grandhika ini dihadiri oleh Mahasiswa, Dosen dan Praktisi bertujuan untuk meningkatkan wawasan pengetahuan serta mendorong penelitian/riset yang berkaitan dengan isu-isu terkini dalam Bidang Administrasi Bisnis dan Ilmu komunikasi baik skala nasional, regional dan internasional. (FA)