Saurma Siahaan Ketua BPC Perhumas Medan Terpilih

WhatsApp Image 2018-03-28 at 12.15.55

Partai  politik (parpol) dipandang  perlu memiliki satu divisi khusus yang diisi oleh sumber daya manusia (SDM) profesional yang memahami dan menguasai ilmu kehumasan. Ketua Badan Pengurus Cabang (BPC) Perhimpunan Hubungan Masyarakat (Perhumas) Medan Gus Irawan Pasaribu  mengatakan, perkembangan  saat ini menunjukkan perlunya SDM kehumasan yang handal  dalam tubuh parpol.  
“Parpol memiliki  program-program dan agenda kerja yang harus disampaikan secara jelas dan jernih kepada para kader dan masyarakat  luas. Di sinilah peran humas dibutuhkan, ” jelas Gus Irawan, yang juga Ketua Komisi VII DPR-RI ini  disela-sela seminar dengan tema PR Day 2 Pilkada Yes yang diadakan BPC Perhumas Medan dan Perhumas Muda Medan di Aula Fakultas Kedokteran UISU, Sabtu (17/3).

Seseorang  yang  menguasai ilmu kehumasan, jelasnya, tentu memahami  strategi komunikasi  yang sesuai dan efektif  dalam menyampaikan pesan berupa program dan agenda kerja parpol itu kepada masyarakat, sehingga pesan tersebut  diterima masyarakat  secara  utuh,  jelas dan jernih tanpa mengalami  distorsi.
WhatsApp Image 2018-03-28 at 12.14.17Ketua  DPD Gerindra Sumut  ini mengatakan,  setiap parpol umumnya memiliki divisi komunikasi dan publikasi.  Hanya saja divisi tersebut  biasanya belum diisi oleh SDM yang berkualifikasi khusus di bidang  kehumasan. Diharapkan parpol dapat memiliki SDM kehumasan yang profesional yang dapat mendukung gerakan parpol tersebut.

Sementara, Rektor UISU  Profesor Dr Ir  Mhd Assad MSi yang didampingi Kepala Humas dan dosen pada FISIP UISU Zakaria Siregar  mengatakan, selain parpol, stake holdWhatsApp Image 2018-03-28 at 12.13.38ers yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu dan pilkada  juga perlu memiliki  SDM yang berkualifikasi khusus kehumasan.

“Seperti pada KPU dan Bawaslu. Kedua lembaga ini sebaiknya memiliki SDM yang berkualifikasi khusus kehumasan sehingga memahami strategi komunikasi yang sesuai untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat secara jelas, ” ujarnya.

Zakaria menambahkan, humas tersebut  juga bertanggung jawab menyampaikan keputusan-keputusan yang dibuat KPU dan Bawaslu kepada masyarakat  hingga ke lokasi yang paling jauh. “Dan yang terpenting bagaimana pesan itu bisa sampai di masyarakat  secara utuh tanpa ada pengurangan atau penambahan pesan, “tuturnya.

Mhd Assad berharap, keberadaan humas dalam stake holders penyelenggaraan pemilu maupun pilkada dapat diakomodir guna mendukung  kelancaran  program kerja stake holders tersebut serta ketepatan pesan yang diterima masyarakat.

WhatsApp Image 2018-03-28 at 12.16.12

Ketua Baru
Usai melakukan seminar, BPC Perhumas Medan kemudian mengadakan musyawarah cabang (muscab). Dalam muscab tersebut Saurma MGP Siahaan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua BPC Perhumas Medan untuk periode 2018-2021 menggantikan ketua sebelumnya Gus Irawan Pasaribu.

Dalam kata sambutannya, Saurma memberikan apresiasi terhadap Gus Irawan Pasaribu yang selama ini telah bekerja keras bersama jajaran pengurus dalam mengembangkan BPC Perhumas Medan. Saurma berharap, jajaran anggota BPC Perhumas Medan dapat membantunya dalam menjalankan roda organisasi tersebut.

Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Powered by PERUHMAS | Designed by: penny auctions | Thanks to credit repair, seo services and st louis seo