slide warta

Bincang Media PMY bersama Tribun Jogja

Yogyakarta, 28 September 2016. PERHUMAS Muda Yogyakarta (PMY) mengadakan Media Visit ke Tribun Jogja, yang bertempatkan di Jl. Jendral Sudirman no. 52 Yogyakarta. Acara Media Visit kali ini bertemakan “Bincang Media”. Media Visit sendiri merupakan salah satu progam kegiatan dari Eksternal Departement PMY yang biasanya rutin dilakukan setiap tahunnya. Acara ini dihadiri sebanyak 20 anggota dari PMY dan mendapatkan sambutan baik oleh pihak Tribun, dengan menghadirkan pembicara yang sangat berkompeten dan seru dalam menyampaikan materi.

bincang media tribun_31

Acara ini berlangsung selama dua jam, dimulai dari pukul 14:00 WIB yang diawali dengan pemberian sambutan dari ketua panitia pelaksana Media Visit, Christien Rajagukguk, yang kemudian dilanjutkan dengan presentasi pemaparan profile PMY oleh Ketua PMY Dwiga Satriawan. Dalam presentasi dan perkenalan PMY, diharapkan bahwa melalui Media Visit ini, PMY bisa semakin dikenal dan kemudian bisa bekerjasama dengan Tribun untuk beberapa kegiatan dikemudian hari. Setelah presentasi dan perkenalan PMY, acara yang dipandu oleh MC Gita Novia Puteri mempersilahkan pihak Tribun yang diwakili oleh mas Obeth selaku Editor Online untuk penyampaian materi. Adapun materi yang diberikan diantaranya ialah tugas-tugas sebagai seorang wartawan, bagaimana membuat suatu berita, hal-hal penting terkait berita, proses editing berita cetak dan online, sistem shift kerja di Tribun, hingga tips penulisan release yang baik.

bincang media tribun_39

Selama hampir 25 menit, tampak seluruh anggota PMY yang hadir sangat menikmati materi yang diberikan. Tidak hanya menarik, namun cara penyampaian yang santai ditambah dengan suasana dalam ruang redaksi yang sangat bersahabat membuat para peserta nyaman dalam memahami materi. Tampak di sela-sela pemberian materi, sesekali terdengar riuh canda tawa dari peserta.

Setelah pemaparan materi yang cukup banyak, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diskusi, terdapat tiga penanya yang mengajukan pertanyaan, kemudian dijawab langsung oleh Mas Obeth yang juga dibantu oleh teman-teman jurnalis lainya.

Terdapat pertanyaan dari Trisna, salah seorang peserta, tentang apa saja karakteristik release yang berpotensi untuk dipublikasi oleh media. “Release itu harus mengandung berbagai unsur. Unik, penting, up to date dan berdampak bagi orang banyak,” jawab Mas Obeth.

bincang media tribun_27

Selama acara, tampak beberapa teman jurnalis dari Tribun turut mengabadikan momen media visit ini dengan memfoto dan juga merekam suasana saat diskusi tengah berlangsung. Setelah sesi Tanya jawab dan diskusi berakhir, dilanjutkan dengan pemberian kenang-kenangan berupa sertifikat yang diserahkan oleh ketua panitia Media Visit kepada perwakilan Tribun Jogja. Acarapun berakhir tepat di pukul 16:00 Wib yang ditutup dengan sesi foto bersama di halaman depan Tribun Jogja. Perasaan puas dan senang sangat terlihat dari wajah-wajah peserta. Dan harapan dari acara ini tentunya dapat memberikan ilmu pengetahuan dan juga mempererat silaturahmi antara PMY dengan Tribun Jogja.