slide warta

PERHUMAS Muda Bogor Belajar Ilmu Public Relations dengan Setoran Baca

Public Relations merupakan ilmu untuk membangun dan menjaga citra, relasi, dan reputasi di mata masyarakat agar timbul citra positif, reputasi dan kepercayaan publik. Citra positif atau image instansi di mata masyarakat di tengah kemajuan teknologi yang terus berkembang, menjadikan perubahan bisa terjadi kapanpun, oleh karena itu, pada kondisi sekarang dan ke depan, PR akan menjadi ujung tombak perusahaan/instansi/organisasi dalam menangani berbagai macam permasalahan.

20160126_174751

Tingginya kebutuhan Praktisi PR ke depan, menjadikan banyak orang berbondong-bondong mempelajari apa itu ilmu PR untuk menjaga organisasi/perusahaan/instansinya di tengah masyarakat. Hal itu pula yang menjadi dasar pengurus PERHUMAS Muda Bogor untuk bisa menjadi PR Profesional masa depan. Untuk bisa menjadi PR Profesional masa depan yang hebat dan handal, PERHUMAS Muda Bogor melakukan pembelajaran rutin yang disebut setoran baca. Setoran baca adalah kegiatan rutin yang sudah berjalan kurang lebih dua bulan, dimana setiap pengurus memegang satu sampai dua buku bacaan, lalu hasil bacaan tersebut akan disetorkan secara rutin setiap hari Selasa. “Setoran Baca merupakan kegiatan membaca buku lalu menyetorkannya ke forum mengenai apa yang dibaca sebagai bentuk setoran dan berbagi pengetahuan,” jelas Robby Firliandoko selaku Ketua Umum PERHUMAS Muda Bogor.

Kegiatan setoran baca PERHUMAS AM Bogor ini bisa dilakukan di mana saja. Pernah dilakukan di rumah, di kantin, di taman, dan juga di bawah pohon rindang. Tujuan kegiatan ini adalah agar pengurus yang semuanya masih mahasiswa dapat belajar ilmu PR dan komunikasi dari buku, karena ilmu PR akan sulit jika tidak dipelajari dari buku dan dari praktisi. Selain belajar ilmu PR dan komunikasi, tujuan Setoran Baca PERHUMAS AM Bogor ini juga untuk membentuk kebiasaan membaca bagi semua pengurus karena hampir 50% aktivitas PR adalah membaca—utamanya membaca berita. Kegiatan setoran baca ini sudah mulai menuai manfaat bagi pengurus. “Semenjak ikut Setoran Baca PERHUMAS Muda Bogor, wawasan saya jadi terbuka mengenai apa itu komunikasi dan apa itu Public Relations, dan kini saya juga sudah mulai membiasakan diri untuk membaca,” tutur Dadan, Mahasiswa Universitas Djuanda Bogor, yang merupakan Pengurus PERHUMAS Muda Bogor.

IMG-20160128-WA0018

Ada banyak jalan untuk belajar, salah satunya dengan membaca buku. Buku yang dibaca oleh Pengurus PERHUMAS Muda Bogor adalah buku-buku komunikasi, buku PR dan juga majalah. Buku-buku yang dibaca didapatkan dari meminjam dari perpus kampus, atau dipinjamkan oleh salah satu pengurus yang memiliki beberapa buku dan ada juga yang membelinya. Bagi Pengurus PERHUMAS Muda Bogor, membaca dan buku merupakan investasi yang sangat bernilai. Dan semoga kegiatan rutin Setoran Baca PERHUMAS Muda Bogor bisa terus hadir dan dengan jenis buku yang variatif. Harapan jangka panjang kegiatan rutin Setoran Baca PERHUMAS Muda Bogor adalah ingin menciptakan perpustakan ilmu komunikasi sebagai ladang ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat luas.