slide warta

PERHUMAS Sharing Best Practice – Building Impactful Relationship with Media

Jakarta, Kamis, 4 Juni 2015 – Media (pers) diakui sebagai bagian penting dari sebuah proses pembangunan citra atau image sebuah korporasi ataupun Organisasi. Pemberitaan ataupun ulasan di media terkadang bisa mempengaruhi opini publik ataupun kalangan tertentu, maka penangan maupun pembentukan opini merupkahan hal yang perlu diperhatikan, direncanakan serta ditindak lanjuti dengan lebih professional dan dengan landasan tersebut Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) mengelar PERHUMAS Sharing Best Practice dengan mengusung tema Building Impactful Relationship with Media” yang diadakan pada hari Kamis (4/06) bertempat di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta. Acara ini ini dihadiri 30 peserta dari praktisi dan konsultasi PR, Akademisi, pemimpin perusahaan, tokoh masyarakat, serta media massa.

IMG20150604094011

Dalam acara ini, hadir sebagai pembicara Drs. Selamatta Sembiring, M.Si dari Direktorat Layanan Informasi Internasional KOMINFO, Troy Pantouw, Corporate Communication Director Danone Aqua, Benny Siga Butarbutar, VP Corporate Communication PT Citilink Indonesia, Meidyatama Suryodiningrat, Chief Editor The Jakarta Post, Arif Zulkifli, Chief Editor Tempo Magazine, Heru Margianto, News Assistant Managing Editor Kompas.com, Nurjaman Mochtar, Chief Editor SCTV, dan Alfred Menayang, Corporate Communication Advisor Inpex Corporation.

IMG20150604121227

Permasalahan yang ada pada saat ini adalah dimana masyarakat kebanjiran informasi sehingga masyarakat tidak dapat membedakan berita yang benar atau salah, oleh karena itu hadir media mainstream yang mampu menfilter suatu berita. Menurut Troy Pantouw, Corporate Communication Director Danone Aqua “saat ini media sudah menjadi jembatan untuk korporasi atau perushaan sehingga praktisi Humas dapat menjalin kerjasama dengan media”.

Adapun beberapa tips dari para pembicara bahwa dalam membangun hubungan dengan media PR harus bisa mencari persamaan media dengan PR itu sendiri, verifikasi merupakan hukum dalam jurnalistik maka dari itu PR harus bisa memberikan penjelasan yang detail agar pemberitaan di media di muat dengan benar dan sesuai fakta. Selain itu sebagai PR pada saat ini bisa mencoba gunakan instant messanging dan buat group perusahaan yang berisikan para jurnalis yang dapat dikelola dengan mudah jika memang ada suatu berita bisa langsung disebar dalam group tersebut.

Acara PERHUMAS Sharing Best Practice Series ini ditutup dengan pengundian door prize 2 tiket PP free route dari Citilink untuk dua orang dan foto bersama para peserta.