slide warta

Ringkasan Buku PR IN GOVERNMENT

Cover Buku PR IN GOVERNMENT

Bunga Rampai Program Kehumasan di Pemerintahan

(Sebuah Model Baru Implementasi GPR)

 

Dibanding buku-buku yang membahas praktik-praktik terbaik marketing, belum banyak buku yang membahas best practice program kehumasan. Apalagi yang menyangkut praktik terbaik program kehumasan di lembaga pemerintahan, terbilang masih sangat jarang. Oleh karena itu, kehadiran buku setebal 244 halaman ini cukup memberikan angin segar kepada para pembaca khususnya, peminat dan pegiat kehumasan. Dengan membaca buku “PR IN GOVERNMENT. Bunga Rampai Program Kehumasan di Pemerintahan” para pembaca dapat mengetahui dan memahami bagaimana program kehumasan kementerian/lembaga, mulai dari perencanaan hingga eksekusi.

Tidak hanya itu, buku ini juga menyajikan sisi lain atau dibalik layar sebuah program kehumasan dikreasi.  Dalam buku ini, misalnya  diceritakan tentang penyelesaian kekisruhan masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2009.  Atau dituliskan juga bagaimana penyelesaian masalah polemik penjualan saham Krakatau Steel saat Kementerian BUMN dipimpin oleh Mustafa Abubakar. Tidak kalah menariknya, pengalaman Kepala Biro Humas KPU pada Pemilu 1999   Djohermansyah Djohan yang menceritakan suka dukanya mengelola program kehumasan dengan anggaran yang sangat minim di tengah perbedaan pendapat yang tajam antar anggota KPU serta maraknya demonstrasi.

Buku ini yang terbitkan oleh Bamboedoea Komunikasi ditulis oleh konsultan kehumasan Heri Rakhmadi, Amir A. Gofur, dan Oddi Arma yang merupakan para penggagas dan pelaku program kehumasan kementerian/lembaga yang tertulis dalam buku. Secara keseluruhan buku ini terdiri dari 29 bab. Di dalamnya memuat 20 praktik-praktik kehumasan kementerian/lembaga seperti Media Center KPU Pemilu 1999; Media Center KPU Pemilu 2004;  Media Center KPU Pemilu 2009;  Pusat Informasi dan Komunikasi Depkumham; Gerai Informasi dan Media Depdiknas; DPD RI; Penanganan Krisis Bulog; Media Center Pilkada Aceh 2006; Humas Kementerian PPN/Bappenas; Program Sosialisasi REDD+; Ditjen SDA Kementerian Pekerjaan Umum; Ditjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum;  PuskomPu Kementerian PU; Kementerian BUMN; hingga Kampanye Caleg Perempuan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Pada bagian akhir buku ini juga disajikan testimoni beberapa pimpinan Kementerian/Lembaga seperti: Mustafa Abubakar, Hamid Awaluddin, Husni Kamil Manik, Djohermansyah Djohan, Irman Gusman, Refly Harun, Maruhum Batubara, Subagio, serta beberapa pimpinan media massa yang pernah menjadi mitra kerja Bamboedoea Komunikasi selaku konsultan program kehumasan kementerian/lembaga yang program-program kehumasannya ditulis dalam buku ini.

Sekiranya, buku yang pengantarnya ditulis oleh Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Freddy H. Tulung dan wartawan senior Suryopratomo dapat memberikan tawaran dan perspektif baru implementasi humas pemerintah (Government Public Relations) di tengah ledakan komunikasi (communications exploaded) yang terus bergulir.

 

 

 

Judul                 :   PR In Government – Bunga Rampai   Program Kehumasan di Pemerintahan

Penulis              :   Heri Rakhmadi, Amir A. Gofur, Oddi Arma

Penerbit           :   Bamboedoea Komunikasi

Tebal/Ukuran :   256 Halaman / 17 x 24 cm

Cetakan I         :   Januari 2015

Harga               :   Rp 95.000,- (Jabodetabek)

                              *Jabodetabek – free ongkos kirim

                              **Jawa dan Luar Jawa + ongkos kirim

Kontak  :               Indra Karimah (0857 1584 1899)